PERAWATAN MOBIL YANG WAJIB DI LAKUKAN SECARA BERKALA



haiii sahabat daihatsu..
   Blog kali ini akan membahas bagaimana sih perawatan yang baik untuk mobil kesayangan anda, karena mobil baru (manual / matic) maupun mobil lama membutuhkan perawatan secara berkala yang baik dan benar agar lebih nyaman digunakan untuk waktu yang lama.

   Pada dasarnya kerusakan mesin merupakan akibat kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil. Sehingga banyak kasus kecelakaan yang tidak jarang akibat kelalaian manusia dalam menjaga dan merawat mesin mobil mereka mulai dari Rem blong, kopling mobil, mesin mobil, suspensi mobil, ban dan lain sebagainya.

Berikut tips sederhana untuk perawatan mobil

1. OLI

   Pemilik kendaraan disarankan untuk mengganti oli secara rutin agar mesin selalu prima dan mencegah kerusakan mesin. Oli yang berada dipasaran sangat banyak jenis maupun merk-nya tetapi disarankan pemilik mobil menyesuaikan oli yang akan digunakan dengan umur kendaraan.

   Umumnya penggantian oli dilakukan setiap pemakaian jarak 3000-5000km, namun jika jarak tempuh belum sampai 3000-5000km tetapi sudah lebih digunakan 3 bulan disarankan tetap mengganti oli kendaraan agar lebih nyaman digunakan. Tips tambahan dari penggantian oli, pemilik kendaraan disarankan mengganti oli filter setiap 2x ganti oli.




2. RADIATOR

   Pemeriksaan radiator sangat perlu dilakukan oleh pemilik mobil untuk menghindari overheat pada mobil yang disebabkan kekosongan air pada radiator yang akan memperparah keadaan mesin, banyak kasus mobil mogok akibat pemilik lalai tidak mengisi air pada radiator.
   Air radiator banyak disediakan khusus di toko perawatan mobil, namun jika dalam keadaan mendesak, kita dapat menggunakan air mineral secukupnya untuk isi dan membawa ke bengkel terdekat setelah mesin menyala untuk menambahkan cairan khusus (Radiator Collant) agar mesin kembali optimal.




3. AKI (accu / battery)

   Aki mobil sangat perlu diperhatikan dan dirawat, aki mobil umumnya terbagi menjadi 2 tipe yaitu aki kering dan aki basah, untuk aki kering bebas perawatan, aki dapat digunakan dan tidak perlu perawatan khusus seperti aki basah, cukup dibersihkan saja.

   Aki basah membutuhkan perhatian lebih. Mobil yang menggunakan aki basah harus dicek jumlah air didalam aki masih cukup atau perlu ditambah dengan air aki. Tips tambahan untuk pemilik mobil agar aki yang digunakan tahan lama ialah mobil yang jarang digunakan harus tetap di panaskan mesinnya agar mesin maupun aki lebih awet dan sehat.




4. BAN

   Pemilik ban umumnya menyepelekan kondisi ban mobil, namun ban mobil sangat berpengaruh pada kondisi mobil saat berkendara. Ban harus rutin di cek tekanan angin setidaknya sekali sebulan dan sebelum perjalanan jauh. Tekanan angin ban yang lebih rendah dari seharusnya, dapat menyebabkan kenaikan temperatur ban sehingga dapat merusak ban sekaligus membuatnya gagal berfungsi sempurna saat mobil digunakan.




5. WIPER

   Wiper berperan penting untuk membersihkan kaca dari air debu maupun kotoran menghalangi pandangan pengemudi mobil. Perawatan pada wiper cukup mudah, hanya dibersihkan tetapi jangan mengelap pada pinggiran karet karena disitu akan terdapat bagian komponen lapisan kimia yang akan menjaga elastisitasnya. pembersihan wiper sebaiknya menggunakan cairan Wiper Fluid yang banyak tersedia di toko peralatan mobil.




   Perawatan mobil seharusnya mendapatkan perhatian khusus demi menjaga umur mesin agar tetap awet dan tahan lama, dengan perawatan mobil secara rutin dalam menjaga performa mobil dalam keadaan baik bisa menghindarkan serta mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya. Semoga tips perawatan mobil dari kami membantu para pemilik kendaraan dalam merawat mobilnya.

Komentar